Senin, 17 Mei 2010

Manfaat knowledge management dalam kehidupan sehari-hari

Manfaat Knowledge Management


Dulu kita sangat mengenal yellow pages, sebuah buku informasi telepon, rumah sakit, sekolah-sekolah, pemadam kebakaran, aneka usaha ada didalam buku tersebut sebagai mempermudah mencari kebutuhan yang kita cari, dengan berjalannya waktu ada yang namanya wiki, blog’s, dan sebagainya.

Manfaat dari knowledge itu sendiri ditambah dengan keberadaan teknologi adalah
- Dapat memberikan informasi secara benar kepada orang yang tepat.
- Dapat mengembalikan intelegensi dan pengalaman manusia
- Dapat mendistribusikan inlegensi manusia.

Dari manfaat tersebut maka diperlukan adanya teknologi sebagai penunjang dari knowledge managment yang digunakan untuk distribusi, terstruktur.

Knowledge Management Untuk Personal
Dalam contoh yang telah diuraikan manfaat knowledge management didalam kehidupan sehari-hari bagi individu antara lain :
- Menjalin ikatan antara komunitas dengan organisasi
- Membantu setiap orang untuk tetap tahu informasi secara cepat, akurat.
- Membantu orang yang tidak tahu menjadi tahu dalam pengerjaan tugas.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh setiap orang dengan pemanfaatan knowledge management, saya mengambil contoh ada seseorang yang setiap bertemu dengan orang baru yang memberikan kartu nama kepadanya maka di belakang kartu namanya yang berhubungan langsung dengan perusahaan dia memberikan huruf ”A” , jika orang baru tersebut sedikit nyambung dengan kerja dia maka dia memberikan huruf ”B” , jika tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaannya maka dia memberikan huruf ”C”. Pada saat pimpinannya memanggilnya untuk menanyakan relasi perusahaannya maka dia mengeluarkan kartu nama dengan huruf ”A” , pada saat teman kantornya ingin menanyakan relasi baru maka dia mengeluarkan kartu nama yang bertuliskan ”B”, sedangkan pada saat dia ingin membeli buku maka dia mengeluarkan kartu nama berhuruf ”C”.

Dengan pengaturan seperti itu knowledge kita makin lama makin berkembang, dengan pelajaran-pelajaran kecil maka mind-set pola pikir kita akan mempengaruhi keseharian kita. Cara seperti ini akan dituliskan didalam sebuah agenda kecil yang suatu saat orang lain ingin membacanya maka kita dapat membuka agenda tersebut sebgai refrensi kita.

Teknologi dan Knowledge Management

Teknologi didalam knowledge berfungsi sebagai fasilitas komunikasi, kolaborasi serta memanajemen konten yang berguna sebagai media pengumpulan, pengolahan, berbagi, peyebaran hingga lebih baik.
Dengan pengelolaan dan pemanfaatan teknologi yang baik maka penyebaran atau pendistribusian knowledge akan berlangsung secara cepat. Seperti penggunaan sistem lotus note, saya mengambil contoh penggunaan Binusmaya yang menurut cerita salah satu dosen saya pertama kali penggunaan Binusmaya tersebut mengalami pro dan kontra ada sebagian besar dosen yang merasa perlu dengan ditingkatkannya akses kepada dosen dan mahasiswa kedepannya dengan penggunaan Binusmaya adapula sebagian dosen dan mahasiswa yang merasa nyaman dengan sistem yang sudah ada sebelumnya sehingga merasa tidak perlu dibuatnya Binusmaya, Binusmaya sendiri sebagai salah satu pusat informasi bagi dosen dan mahasiswa saat sekarang ini memegang peranan penting didalam perkuliahan sehari-hari.

Knowledge Management dengan teknologi yang mendukungnya antara lain:
- Web Content management System (CMS)
- Electronic Document and Record Management System (EDRMS)
- Kolaborasi tools
- Search engine
- Klasifikasi tools
- Portal

Dalam bukunya ”Tha Third Wave” Alvin Toffler menyatakan bahwa dalam home-cencerted society digambarkan bahwa majunya teknologi informasi akan membuat orang cenderung berada didalam rumah untuk melakukan aktivitasnya. Karena apapun bisa dilakukan disebuah kamar hanya dengan mengggunakan seperangkat tekhnologi, bisa mendapatkan pengetahuan atau knowledge dari balik layar monitor atau dari media elektronik, ada positif dan negatifnya dalam pemanfaatan teknologi. Penggunaan teknologi untuk mendapatkan pengetahuan memang tidak ada salahnya dan akan memberikan efek baik terhadap diri kita, akan tetapi kemampuan komunikasi dan interaksi tidak bisa didapatkan hanya dari dunia teknologi, perlu ada pengamatan social kepada lingkungan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar