Rabu, 28 April 2010

Contoh Knowledge Management oleh Prof.Dr. Gerardus Polla

Contoh Knowledge Management Saya mengambil contoh dari Prof. Dr. Gerardus Polla pada saat menyampaikan materi perkuliahannya (Strategic Knowledge Management) dengan knowledge yang diterapkan dalam Universitas yang beliau pernah pimpin, beliau menyampaikan bahwasannya dalam berbagi knowledge di Binus setiap hari rabu dan setiap pimpinan wajib hadir dalam acara sharing knowledge tersebut, dimana acara tersebut peserta bergiliran setiap minggunya untuk menyampaikan pengetahuan apa saja yang dimilikinya di depan pertemuan tersebut dan begitu pun Prof juga mengundang orang luar untuk berbagi knowledge di pertemuan tersebut, dari hal ini setiap orang yang hadir akan mendapatkan pengetahuan baru setiap minggunya dan itu merupakan sebuah asset yang berharga. Dari penjelasan beliau mengenai bagaimana menerapkan pengembangan knowledge di organisasi yang beliau pimpin, saya menyimpulkan didalam penerapan knowledge management dalam sebuah organisasi memerlukan seorang pemimpin yang bisa membangun perilaku atau kultur manusianya kepada manusa yang berbasis pada kultur organisasi pembelajar ( learning organization), karena itu diperlukanlah seorang pemimpin yang mempunyai kepedulian terhadap knowledge dan memiliki kemampuan diatas rata-rata. Pengelolaan knowledge bisa dimulai dari pengetahuan kita sendiri yang kita bagi kepada orang yang ada disekitar lingkungan kita. Secara berkesinambungan maka akan menimbulkan budaya berbagi pengetahuan dan akan menjadi rutinitas sendiri pada organisasi nantinya dan berguna meningkatkan keunggulan kompetitif. Dalam penerapan knowledge management yang saya terapkan didalam kehidupan sehari-hari adalah dengan merangkum setiap kegiatan yang saya lakukan, sehingga saya dapat melihat hal-hal apa saja yang sudah saya lakukan dan apa yang harus saya perbaiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar