Rabu, 28 April 2010

Teknologi dan Knowledge Management

Teknologi didalam knowledge berfungsi sebagai fasilitas komunikasi, kolaborasi serta memanajemen konten yang berguna sebagai media pengumpulan, pengolahan, berbagi, peyebaran hingga lebih baik.


Dengan pengelolaan dan pemanfaatan teknologi yang baik maka penyebaran atau pendistribusian knowledge akan berlangsung secara cepat. Seperti penggunaan sistem lotus note, saya mengambil contoh penggunaan Binus Maya yang menurut cerita salah satu dosen saya pertama kali penggunaan Binus Maya tersebut mengalami pro dan kontra ada sebagian besar dosen yang merasa perlu dengan ditingkatkannya akses kepada dosen dan mahasiswa kedepannya dengan penggunaan Binus Maya adapula sebagian dosen dan mahasiswa yang merasa nyaman dengan sistem yang sudah ada sebelumnya sehingga merasa tidak perlu dibuatnya Binus Maya, Binus maya sendiri sebagai salah satu pusat informasi bagi dosen dan mahasiswa saat sekarang ini memegang peranan penting didalam perkuliahan sehari-hari.

Knowledge Management dengan teknologi yang mendukungnya antara lain:

- Web Content management System (CMS)

- Electronic Document and Record Management System (EDRMS)

- Kolaborasi tools

- Search engine

- Klasifikasi tools

- Portal



Dalam bukunya ”Tha Third Wave” Alvin Toffler menyatakan bahwa dalam home-cencerted society digambarkan bahwa majunya teknologi informasi akan membuat orang cenderung berada didalam rumah untuk melakukan aktivitasnya. Karena apapun bisa dilakukan disebuah kamar hanya dengan mengggunakan seperangkat tekhnologi, bisa mendapatkan pengetahuan atau knowledge dari balik layar monitor atau dari media elektronik, ada positif dan negatifnya dalam pemanfaatan teknologi. Penggunaan teknologi untuk mendapatkan pengetahuan memang tidak ada salahnya dan akan memberikan efek baik terhadap diri kita, akan tetapi kemampuan komunikasi dan interaksi tidak bisa didapatkan hanya dari dunia teknologi, perlu ada pengamatan social kepada lingkungan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar