Rabu, 28 April 2010

Knowledge Management

Dari bahasanya bisa disimpulkan Knowledge management adalah manajemen pengetahuan dimana sebuah organisasi mengelola asset-asset yang ada dengan pengetahuan-pengetahuan yang ada. Kebanyakan perusahaan saat sekarang ini banyak yang mengeksploitasi intangible asset yang mereka miliki menjadikan lebih menguntungkan ketimbang berinvestasi dan mengelola asset fisik. Pengelolaan informasi yang akurat, cepat dan rapi membuat sarana knowledge center pada perusaahaan sangat diperlukan untuk bersaing dengan pesaing-pesaing yang ada, sebagai pusat informasi yang dibutuhkan bagi pelanggannya, dan juga menampung semua bentuk pengetahuan.


Untuk pengertiannya sendiri manajemen pengetahuan adalah perencanaan, pengumpulan, pengolahan dan pemrosesan data-data informasi yang ada dan di satu kan dalam bentuk sebuah kesatuan yang dipusatkan sehingga bisa digunakan oleh setiap orang yang ingin menggunakannya. Karena didalam era informasi sekarang ini pengetahuan merupakan sebuah asset strategis, jika dikelola dengan baik akan meningkatkan performa perusahaan. Aset pengetahuan mencakup :



- Aset struktural

- Merek

- Hubungan dengan pelanggan

- Hak Paten

- Proses operasi





- Aset manusia yang mencakup :

• Pengalaman pegawai

• Ide pegawai

• Hubungan personal

• Keterampilan pegawai (http://ilmukomputer.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar